Minggu, 17 Agustus 2008

Shri Goparaju Ramachandra Rao

Di sebuah kota kecil India bernama Vijayawada ada sebuah lembaga yang keberadaannya lebih tua daripada Republik Federasi India. Lembaga itu bernama Atheist Centre. Pendirinya ialah Shri Goparaju Ramachandra Rao atau yang biasa dipanggil Gora. Gora mendirikan lembaga tersebut bersama-sama istrinya Sarasvati dan beberapa kawan seperjuangan.

Gora adalah salah seorang kawan dekat Mahatma Gandhi. Seperti juga Gandhi, Gora dikenal sebagai pejuang kemerdekaan India yang mengutamakan kemandirian ekonomi dan perlawanan tanpa kekerasan bangsa India sebagai jalan kemerdekaan sekaligus berupaya memperbaiki kedudukan sosial lapisan kasta sudra dan paria yang disebut harijan (anak-anak Tuhan) oleh Gandhi.

Pada tahun 1944 Atheist Centre didirikan. Pusat kegiatannya ialah menyediakan layanan kesehatan dan pendidikan gratis serta layanan bantuan keuangan bagi kaum miskin yang berusaha. Selain itu, Atheist Centre juga mendirikan pusat kampanye bahayanya segala jenis tahayul, termasuk kepercayaan kepada dewa-dewa. Lembaga ini menyediakan layanan konsultasi pemberantasan tahayul. Sekarang, Atheist Centre dipimpin putra Gora yang juga seorang ateis masyur baik di India maupun di kalangan ateis/humanis dunia, Lavanam.

Tidak ada komentar: